Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : MI PUI Kapur
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : II/1
Pertemuan Ke- : 1–4
Alokasi Waktu : 8 × 35 menit
Standar
Kompetensi : 1. Melakukan penjumlahan
dan pengurangan bilangan sampai dengan 500
Kompetensi
Dasar : Membandingkan bilangan
sampai 500
Indikator : • Membilang secara urut.
•
Menyebutkan banyak benda.
• Menulis
dan membaca lambang bilangan.
•
Membandingkan dua kumpulan benda.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
I. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat
1.
membilang secara urut;
2.
menyebutkan banyak benda;
3. menulis
dan membaca lambang bilangan;
4.
membandingkan dua kumpulan benda.
II. Materi
Pembelajaran
Penjumlahan
dan pengurangan bilangan sampai dengan 500
III. Metode
Pembelajaran
Tanya
jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV.
Langkah-Langkah Kegiatan
A. Pertemuan
Ke-1
1. Pendahuluan
·
Apersepsi
F Meminta siswa untuk menjawab pertanyaan
prasyarat yang berkaitan dengan materi yang dibahas.
F Menyampaikan kegunaan materi yang akan
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya
yang berkaitan dengan kompetensi dasar).
·
Pemberian
motivasi
2.
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang lambang bilangan
F Secara
berkelompok siswa membaca lambang bilangan, guru memantau siswa dan mengarahkan
siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang
baru saja disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke-3 dan 4 Pendahuluan
:
1. Pendahuluan
·
Apersepsi
F Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
F Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian
motivasi
2. Kegiatan Inti
:
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang cara membandingkan dua bilangan
F Secara
berkelompok siswa memilih bilangan yang lebih besar atau lebih kecil, guru
memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang
baru saja disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Dunia Matematika Kelas 2 SD (hal 3-7)
VI. Penilaian :
1. Bacalah lambang bilangan
berikut ini !
![]() |
NAMA BILANGAN
|
105
|
|
106
|
|
203
|
|
357
|
|
434
|
Mengetahui
Kepala MI PUI Kapur
Yeni,S.Pd,I
NIP.197104061990032001
|
Jatiwangi,
20
Guru Kelas
Teti Hendrawaty, S.Pd.I
NIP. 197907062007102001
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : MI PUI
Kapur
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : II/ 1
Pertemuan Ke- : 5-7
Alokasi Waktu : 6 x 35
menit
Standar
Kompetensi : 1. Melakukan penjumlahan
dan pengurangan bilangan sampai dengan 500
Kompetensi Dasar : Mengurutkan
bilangan sampai 500
Indikator : Mengurutkan kartu bilangan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
I. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1. mengurut kartu bilangan
dengan membaca angka pada kartu
II. Materi
Pembelajaran
- Penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan 500
III. Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV.
Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 5-7
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang kartu bilangan
F Secara
berkelompok siswa mengurutkan kartu bilangan berdasarkan angka yang tertera
pada kartu bilangan, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami
kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/
Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 2 SD (hal 7-8)
VI. Penilaian
:
Urutkan bilangan berikut ini dari yang terkecil
113
|
112
|
116
|
114
|
111
|
110
|
115
|
117
|
118
|
119
|
183
|
184
|
181
|
180
|
182
|
185
|
184
|
187
|
188
|
186
|
129
|
124
|
126
|
125
|
128
|
130
|
127
|
132
|
131
|
133
|
Mengetahui
Kepala MI PUI Kapur
Yeni,S.Pd,I
NIP.197104061990032001
|
Jatiwangi,
20
Guru Kelas
Teti Hendrawaty, S.Pd.I
NIP. 197907062007102001
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Ssekolah : MI PUI Kapur
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : II/ 1
Pertemuan Ke- : 8-10
Alokasi Waktu : 6 x 35
menit
Standar
Kompetensi : 1. Melakukan penjumlahan
dan pengurangan bilangan sampai dengan 500
Kompetensi Dasar : Menentukan
nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
Indikator :
Menuliskan angka sesuai nilainya
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
I. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
dari suatu bilangan
II. Materi
Pembelajaran
·
Penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan 500
III. Metode
Pembelajaran
·
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV.
Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 8-10
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang nilai bilangan
F Secara
berkelompok siswa menentukan nilai bilangan meliputi ratusan, puluhan dan
satuan, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/
Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 2 SD (hal 9-10)
VI. Penilaian
:
Tentukan nilai bilangan berikut ini
![]() |
NAMA BILANGAN
|
105
|
|
106
|
|
203
|
|
357
|
Mengetahui
Kepala MI PUI Kapur
Yeni,S.Pd,I
NIP.197104061990032001
|
Jatiwangi,
20
Guru Kelas
Teti Hendrawaty, S.Pd.I
NIP. 197907062007102001
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : MI PUI
Kapur
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : II/ 1
Pertemuan Ke- : 11-20
Alokasi Waktu : 20 x 35
menit
Standar
Kompetensi : 1. Melakukan penjumlahan
dan pengurangan bilangan sampai dengan 500
Kompetensi Dasar : Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
Indikator :
·
Penjumlahan dua bilangan dua bilangan
·
Penjumlahan dua bilangan tiga angka
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
I. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
melakukan penjumlahan dua bilangan dua bilangan
·
melakukan penjumlahan dua bilangan tiga angka
II. Materi
Pembelajaran
Penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan 500
III. Metode
Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV.
Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 11-12
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang penjumlahan tanpa menyimpan
F Secara
berkelompok siswa mengerjakan soal penjumlahan tanpa menyimpan, guru memantau siswa
dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 13-14
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang penjumlahan dua bilangan tiga angka
F Secara
berkelompok siswa mengerjakan soal penjumlahan dua bilangan tiga angka, guru
memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
C. Pertemuan Ke 15-16
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang penjumlahan teknik menyimpan
F Secara
berkelompok siswa mengerjakan soal penjumlahan teknik menyimpan, guru memantau
siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
D. Pertemuan Ke 17-18 Pendahuluan :
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang pengurangan tanpa menyimpan
F Secara
berkelompok siswa mengerjakan soal pengurangan tanpa menyimpan, guru memantau
siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
E. Pertemuan Ke 19-20
Pendahuluan :
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang pengurangan teknik menyimpan
F Secara
berkelompok siswa mengerjakan soal pengurangan teknik menyimpan, guru memantau
siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/
Bahan/ Sumber
- Dunia Matematika Kelas 2 SD (hal 11-14)
VI. Penilaian
:
- Mengerjakan soal latihan halaman 14
Mengetahui
Kepala MI PUI Kapur
Yeni,S.Pd,I
NIP.197104061990032001
|
Jatiwangi, 20
Guru Kelas
Teti Hendrawaty, S.Pd.I
NIP. 197907062007102001
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : MI PUI
KAPUR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : II/ 1
Pertemuan Ke- : 21-24
Alokasi Waktu : 8 x 35
menit
Standar
Kompetensi : 2. menggunakan pengukuran
waktu, panjang dan berat
Kompetensi
Dasar : Menggunakn alat ukur waktu
dengan satuan jam
Indikator :
·
Menuliskan waktu kegiatan pada tabel
·
Mengenal jam sebagai pengukur waktu
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
I. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
mencatat waktu kegiatan yang dilakukan setiap hari
·
menggunakn jam sebagai pengatur waktu
II. Materi
Pembelajaran
- Pengukuran waktu, panjang dan berat
III. Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV.
Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 21-22
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang cara mencatat waktu kegiatan setiap hari
F Secara
berkelompok siswa mengisi tabel kegiatan yang dilakukan sehari-hari, guru
memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 23-24
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang menggunakan jam sebagai pengatur waktu
F Secara
berkelompok praktek menggunakan jam untuk membaca waktu, guru memantau siswa
dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/
Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 2 SD (hal 27-30)
VI. Penilaian
:
1. Bu Ani pergi ke pergi ke
pasar jam 50.00. Ia pulang jam 09.00. Berapa lama Bu Ani ke pasar?
2. Pak Dadang ke sawah jam
06.00, ia pulang untuk makan siang jam 11.00. Berapa lama Pak Dadang di sawah?
Mengetahui
Kepala MI PUI Kapur
Yeni,S.Pd,I
NIP.197104061990032001
|
Jatiwangi,
20
Guru Kelas
Teti Hendrawaty, S.Pd.I
NIP. 197907062007102001
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : MI PUI
Kapur
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : II/ 1
Pertemuan Ke- : 25-30
Alokasi Waktu : 12 x 35
menit
Standar
Kompetensi : 2. menggunakan pengukuran
waktu, panjang dan berat
Kompetensi
Dasar : Menggunakn alat ukur panjang
tidak baku dan baku yang sering digunakan
Indikator :
·
Memilih benda yang lebih panjang
·
Menyebutkan nama benda-benda alat ukur
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
I. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
menentukan benda yang ukurannya lebih panjang
·
menyebutkan alat-alat yang digunakan untuk mengukur
panjang benda
II. Materi
Pembelajaran
- Pengukuran waktu, panjang dan berat
III. Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-langkah
Kegiatan
A. Pertemuan Ke 25-27
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang cara menentukan benda yang ukurannya lebih
panjang
F Secara
berkelompok siswa memilih benda atau gambar yang ukurannya lebih panjang, guru
memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 28-30
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang menggunakan jam sebagai pengatur waktu
F Secara
berkelompok siswa praktek menggunakan jam untuk membaca waktu, guru memantau
siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/
Bahan/ Sumber
- Dunia Matematika Kelas 2 SD (hal 30-36)
VI. Penilaian
:
- Gunakan penggarismu untuk mengujur panjang benda berikut ini
NO
|
BENDA YANG DIUKUR
|
![]() |
1
|
Buku gambar
|
|
2
|
Buku tulis
|
|
3
|
Pensil
|
|
4
|
meja
|
Mengetahui
Kepala MI PUI Kapur
Yeni,S.Pd,I
NIP.197104061990032001
|
Jatiwangi,
20
Guru Kelas
Teti Hendrawaty, S.Pd.I
NIP. 197907062007102001
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : MU PUI
Kapur
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : II/ 1
Pertemuan Ke- : 31-36
Alokasi Waktu : 12 x 35
menit
Standar
Kompetensi : 2. menggunakan pengukuran
waktu, panjang dan berat
Kompetensi
Dasar :Menggunakan alat ukur berat
Indikator :
·
Memilih benda yang lebih berat
·
Menyebutkan nama benda-benda alat ukur
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
I. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
menentukan benda yang lebih berat
·
menyebutkan alat-alat yang digunakan untuk mengukur
berat benda
II. Materi
Pembelajaran
- Pengukuran waktu, panjang dan berat
III. Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV.
Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 31-33
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang cara menentukan benda yang ukurannya lebih
berat
F Secara
berkelompok siswa memilih benda atau gambar yang ukurannya lebih berat, guru
memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 34-36
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang menggunakan jam sebagai pengatur waktu
F Secara
berkelompok siswa praktek menggunakan jam untuk membaca waktu, guru memantau
siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/
Bahan/ Sumber
- Dunia Matematika Kelas 2 SD (hal 37-42)
VI. Penilaian
:
- Gunakan timbangan untuk mengetahui berat benda berikut ini
NO
|
BENDA YANG DIUKUR
|
![]() |
1
|
Buku gambar
|
|
2
|
Buku tulis
|
|
3
|
Pensil
|
|
4
|
penghapus
|
Mengetahui
Kepala MI PUI Kapur
Yeni,S.Pd,I
NIP.197104061990032001
|
Jatiwangi,
20
Guru Kelas
Teti Hendrawaty, S.Pd.I
NIP. 197907062007102001
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : MI PUI
Kapur
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : II/ 2
Pertemuan Ke- : 37-44
Alokasi Waktu : 16 x 35
menit
Standar
Kompetensi : 3. Melakukan perkalian dan
pembagian sampai dua angka
Kompetensi
Dasar : Melakukan perkalian bilangan
yang hasilnya bilangan dua angka
Indikator :
·
Sifat pertukaran pada perkalian
·
Perkalian dengan bilangan 1
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
I. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
menentukan benda yang lebih berat
·
menyebutkan alat-alat yang digunakan untuk mengukur
berat benda
II. Materi
Pembelajaran
- Pengukuran waktu, panjang dan berat
III. Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV.
Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 37-40
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang sifat pertukaran pada perkalian
F Secara
berkelompok siswa mengerjakan soal tentang sifat pertukaran perkalian, guru
memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 41-44
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang perkalian dengan bilangan 1
F Secara
berkelompok siswa mengerjakan soal latihan tentang perkalian dengan bilangan 1,
guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/
Bahan/ Sumber
- Dunia Matematika Kelas 2 SD (hal 59-66)
VI. Penilaian
:
Mengerjakan soal latihan halaman 66
Mengetahui
Kepala MI PUI Kapur
Yeni,S.Pd,I
NIP.197104061990032001
|
Jatiwangi,
20
Guru Kelas
Teti Hendrawaty, S.Pd.I
NIP. 197907062007102001
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : MI PUI
Kapur
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : II/ 2
Pertemuan Ke- : 45-52
Alokasi Waktu : 16 x 35
menit
Standar
Kompetensi : 3. Melakukan perkalian dan
pembagian sampai dua angka
Kompetensi
Dasar : Melakukan pembagian bilangan
dua angka
Indikator :
·
Melakukan pembagian dengan menggunakan gambar
·
Pembagian dengan bilangan satu
·
Pembagian dengan bilangan nol
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
I. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
Melakukan pembagian dengan menggunakan gambar
·
Pembagian dengan bilangan satu
·
Pembagian dengan bilangan nol
II. Materi
Pembelajaran
- Pengukuran waktu, panjang dan berat
III. Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV.
Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 45-48
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang pembagian dengan gambar
F Secara
berkelompok siswa mengerjakan soal tentang pembagian dengan gambar, guru
memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 49-50
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang pembagian dengan bilangan 1
F Secara
berkelompok siswa mengerjakan soal latihan tentang pembagian dengan bilangan 1,
guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
C. Pertemuan Ke 51-52
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang pembagian dengan bilangan 0
F Secara
berkelompok siswa mengerjakan soal latihan tentang pembagian dengan bilangan 0,
guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/ Bahan/ Sumber : Dunia
Matematika Kelas 2 SD (hal 67-72)
VI. Penilaian
:
- Mengerjakan soal latihan halaman 72
Mengetahui
Kepala MI PUI Kapur
Yeni,S.Pd,I
NIP.197104061990032001
|
Jatiwangi,
20
Guru Kelas
Teti Hendrawaty, S.Pd.I
NIP. 197907062007102001
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : MI PUI
Kapur
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : II/ 2
Pertemuan Ke- : 53-58
Alokasi Waktu : 12 x 35
menit
Standar
Kompetensi : 3. Melakukan perkalian dan
pembagian sampai dua angka
Kompetensi
Dasar : Operasi hitung campuran
Indikator :
·
Penjumlahan dan pengurangan setingkat
·
Perkalian dan pembagian setingkat
·
Operasi perkalian dan pembagian
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
I. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
Penjumlahan dan pengurangan setingkat
·
Perkalian dan pembagian setingkat
·
Operasi perkalian dan pembagian
II. Materi
Pembelajaran
- Pengukuran waktu, panjang dan berat
III. Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV.
Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 53-54
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang penjumlahan dan pengurangan setingkat
F Secara
berkelompok siswa mengerjakan soal tentang penjumlahan dan pengurangan
setingkat, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 55-56
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang perkalian dan pembagian setingkat
F Secara
berkelompok siswa mengerjakan soal latihan tentang perkalian dan pembagian
setingkat, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
C. Pertemuan Ke 57-58
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang operasi perkalian dan pembagian
F Secara
berkelompok siswa mengerjakan soal latihan tentang operasi perkalian dan
pembagian, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/ Bahan/ Sumber : Dunia Matematika Kelas 2 SD (hal
73-76)
VI.
Penilaian : Mengerjakan soal latihan halaman 75
Mengetahui
Kepala MI PUI Kapur
Yeni,S.Pd,I
NIP.197104061990032001
|
Jatiwangi,
20
Guru Kelas
Teti Hendrawaty, S.Pd.I
NIP. 197907062007102001
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : MI PUI
Kapur
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : II/ 2
Pertemuan Ke- : 59-60
Alokasi Waktu : 4 x 35
menit
Standar
Kompetensi : 4. Mengenal unsur-unsur
bangun datar sederhana
Kompetensi
Dasar :Mengelompokkan bangun datar
Indikator :
·
Membuat bentuk berbagai bangun datar
·
Menghitung jumlah tiap bentuk bangun datar
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Kerja sama ( Cooperation )
Tekun ( diligence ) Toleransi ( Tolerance )
Tanggung jawab (responsibility) Percaya diri (Confidence)
Ketelitian ( carefulness) Keberanian ( Bravery )
I. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
Membuat bentuk berbagai bangun datar
·
Menghitung jumlah tiap bentuk bangun datar
II. Materi
Pembelajaran
- Bangun datar
III. Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV.
Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 59-60
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang berbagai bentuk bangun datar
F Secara
berkelompok siswa menggambar berbagi bangun datar, guru memantau siswa dan
mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/
Bahan/ Sumber : Dunia
Matematika Kelas 2 SD (hal 85-87)
VI. Penilaian : Buatlah bangun
datar dari kertas karton meliputi persegi, segitiga,
persegi panjang, lingkaran !
Mengetahui
Kepala MI PUI Kapur
Yeni,S.Pd,I
NIP.197104061990032001
|
Jatiwangi,
20
Guru Kelas
Teti Hendrawaty, S.Pd.I
NIP. 197907062007102001
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : MI PUI
Kapur
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : II/ 2
Pertemuan Ke- : 61-64
Alokasi Waktu : 8 x 35
menit
Standar
Kompetensi : 4. Mengenal unsur-unsur
bangun datar sederhana
Kompetensi
Dasar : Mengenal sisi-sisi bangun
datar
Indikator : Menghitung jumlah sisi
bangun datar
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
I. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat menghitung sisi bangun datar
II. Materi
Pembelajaran
- Bangun datar
III. Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV.
Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 61-62
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang sisi bangun datar
F Secara
berkelompok siswa menggambar segitiga dan persegi, guru memantau siswa dan
mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 63-64
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang sisi bangun datar.
F Secara
berkelompok siswa menggambar persegi panjang dan lingkaran, guru memantau siswa
dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/
Bahan/ Sumber
- Dunia Matematika Kelas 2 SD (hal 87-88)
VI. Penilaian
:
Buatlah bangun datar dari kertas karton meliputi
persegi, segitiga, persegi panjang, lingkaran, kemudian hitunglah jumlah
sisi-sisinya !
Mengetahui
Kepala MI PUI Kapur
Yeni,S.Pd,I
NIP.197104061990032001
|
Jatiwangi, 20
Guru Kelas
Teti Hendrawaty, S.Pd.I
NIP. 197907062007102001
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : MI PUI
Kapur
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : II/ 2
Pertemuan Ke- : 65-69
Alokasi Waktu : 8 x 35
menit
Standar
Kompetensi : 4. Mengenal unsur-unsur
bangun datar sederhana
Kompetensi
Dasar : Mengenal sudut-sudut bangun
datar
Indikator : Menghitung jumlah sudut
bangun datar
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
I. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat menghitung sudut bangun datar
II. Materi
Pembelajaran
- Bangun datar
III. Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV.
Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 65-67
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang sudut bangun datar
F Secara
berkelompok siswa menggambar segitiga dan persegi kemudian menghitung jumlah
sudutnya, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 68-69
1. Pendahuluan :
·
Apersepsi :
F
Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
F
Mengingat kembali materi sebelumnya.
·
Pemberian Motivasi
2. Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang dijelaskan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang sudut bangun datar
F Secara
berkelompok siswa menggambar persegi panjang dan lingkaran kemudian menghitung
jumlah sudutnya, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami
kesulitan.
F guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Penutup :
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
·
Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/
Bahan/ Sumber
- Dunia Matematika Kelas 2 SD (hal 87-88)
VI. Penilaian
:
Buatlah bangun datar dari kertas karton meliputi
persegi, segitiga, persegi panjang, lingkaran, kemudian hitunglah jumlah
sudutnya !
Mengetahui
Kepala MI PUI Kapur
Yeni,S.Pd,I
NIP.197104061990032001
|
Jatiwangi,
20
Guru Kelas
Teti Hendrawaty, S.Pd.I
NIP. 197907062007102001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar